Search

Curug Cipicung di Citimbang - Brebes

Hai teman, sudah ada rencana traveling  kemana nih? kalau masih bingung mau kemana, blog bantarkawungpunyacerita punya beberapa referensi tempat yang kece abis buat kalian kunjungi, salah satunya Curug Cipicung dengan ketinggian 20 meter, tempat yang asik untuk bersantai bersama keluarga, teman, pacar, ataupun untuk sekedar berselfie ria , #heheu, mari simak ulasannya

Lokasi

Lokasinya sendiri, Curug Cipicung berada di Desa Citimbang, Kecamatan Salem, kabupaten Brebes, letak koordinat berada pada 07°11′45.8″S 108°49′48.6″E

Biaya

Untuk masuk ke lokasi curug kalian hanya di kenakan biaya parkir sebesar 2.000, harga yang murah bukan untuk sebuah lokasi yang indah, mungkin terlalu murah.

Akses

Berjarak sekitar 15 km dari Salem dan 45 km dari kota bumiayu, untuk ke lokasi lebih enak menggunakan motor, selain lebih leluasa, juga tidak terlalu memakan waktu, kalau pake mobil akan sedikit repot.
Alternatif lainnya, bisa menggunakan kendaraan umum dari Bumiayu-Salem, berhenti di pertigaan menuju desa Gunung sugih, di sana sudah ada pangkalan ojek yang bersedia mengantar kalian sampai kelokasi dengan biaya sekitar 30.000.
Untuk kendaraan pribadi, arah Bumiayu hanya butuh 2 - 2,5 jam untuk sampai lokasi, Pertama-tama kalian menyusuri jalanan Kecamatan Bantarkawung yang bersahaja, kondisi jalannya sudah bagus, dengan suasana hutan pinus sepanjang perjalanan, dijamin kalian tidak akan cepat bosan, setelah berkendara satu jam sampailah kalian di Desa Gunung Larang, desa terakhir yang jadi patokan untuk menuju Desa Citimbang, dari sini bekendara lagi sekitar 1 km ada pertigaan, ambil arah kanan menuju Desa Gunung Sugih.

"pertigaan menuju Desa Gunung Sugih - Citimbang"

setelah melewati pertigaan di jalan raya tadi, kalian akan menjumpai warung dan pangkalan ojek, kalian bisa berhenti sejenak di warung, untuk sekedar menikmati hangatnya kopi dan keramahan warga desa dan sejuknya suasana hutan , Dari warung, ada pertigaan jalan lagi selebar tiga meter, ambil arah kanan, menuju Desa Gunung Sugih,  dari sini sudah terlihat gerbang dan Pondok Pesantren Miftahurrohman Barujati.

Dari gerbang, perjalanan di lanjut dengan menyusuri jalanan Desa Gunung Sugih menuju Desa Citimbang. dari sini jalan sudah mulai sedikit rusak dan berlubang, meski begitu, pemandangan yang ada akan menghilangkan kekhawatiran yanag melanda, di perjalanan kalian akan di suguhi curug-curug kecil dan hamparan hutan gunung kumbang.dan gunung sagara yang memanjakan mata.
45 menit berlalu, sampailah kalian di Desa Citimbang, desa di atas awan, dimana lokasi curug berada. Di jalan sudah terdapat banyak plang yang mengarah menuju lokasi curug.

Pertigaan terakhir, ambil arah kiri, jalan akan  mengarah  menuju mesjid, sekaligus tempat parkir. Dari sini kalian harus jalan kaki lagi sekitar 15 menit melewati gang-gang rumah warga, dan jalan tanah setapak hasil kerja swadaya masyarakat sekitar, dengan jurang di sisi kirinya, harus sedikit berhati-hati, dari sini suara air sudah terdengar, dan sampailah kalian di lokasi Curug Cipicung. and havefun.

"datanglah untuk merasakan sensasi kesejukannya"

(ep* Sebenarnya curug Cipicung memeiliki ketinggian lebih dari 50 meter kalau di ukur seluruhnya sampai bawah, sayang belum ada akses jalan untuk kebawahnya.)

Oya, bagi temen yang lupa bawa  bekal di lokasi sudah ada para pedagang yang menyediakan makanan dan minuman, sayang, orang yang dagang dengan curug terlalu dekat, jadi sedikit kurang alami.

Sekian informasi dari saya, semoga dapat memberikan inspirasi. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam menulis nama dan tempat. Terimakasih.

3 Responses to "Curug Cipicung di Citimbang - Brebes"